One Riezt

HP (Handphone) / ponsel merupakan elektronik yang paling di gemari manusia di planet bumi ini, hand phone termasuk kebutuhan setiap hari karna handphone memberi manfaat yang lebih buat keseharian kita contohnya hand phone bisa membantu  membantu memberikan informasi yang cepat dari jarak jauh. Handphone sebagai media komunikasi antara sesama, Meskipun Handphone memberikan manfaat tapi ada juga sisi negatifnya.
Meskipun radiasi Handphone masih kontroversial, ada yang mengatakan berbahaya ada juga yang mengatakan tidak. Karna sampai saat ini belum ada bukti jelas dari beberapa panelitian bahwa nelpon lama bisa berdampak kanker atau mempengaruhi kesehatan lainnya. Namun nelpon terlalu itu sudah jelas mempengaruhi kerja otak. Radiasi elektromagnetik yang lemah dari ponsel bisa mempengaruhi aktivitas sel-sel di otak. Ilmuwan dari National Institutes of Health AS menemukan bahwa menghabiskan waktu 50 menit dengan telepon seluler yang menempel di telinga sudah cukup untuk mengubah aktivitas sel di bagian otak yang paling dekat dengan antena ponsel.
 Dr Nora Volkom dari NIH, mengatakan “Apa yang kami temukan adalah metabolisme glukosa (tanda aktivitas otak) akan meningkat di daerah otak yang paling dekat dengan antena telepon seluler,” dikutip dari Reuters, Kamis (24/2/2011). Peneliti menemukan adanya peningkatan metabolisme glukosa sekitar 7 persen pada daerah otak yang paling dekat dengan antena ponsel saat telepon sedang digunakan.
Hasil studi ini telah dipublikasikan dalam Journal of the American Medical Association. Untuk mengantisipasi dampak dari  radiasi ponsel ada tips khusus, baca sampai selesai.
  1. Memanfaatkan layanan SMS, karna radiasi yang dipancarkan saat mengirim SMS lebih sedikit dibandingkan Radiasi yang dipancarkan ketika menelpon. Selain itu, posisi ponsel saat berkirim pesan berada lebih jauh dari kepala dibandingkan saat telepon.
  2. Dilarang menaruh Hand phone / Ponsel di bawah bantal saat tidur apalagi ponsel pada posisi aktif, karna radiasi handphone akan secara langsung terkontak kapada otak dikepala kita.
  3. Penelitian membuktikan, radiasi bisa mempengaruhi kualitas sperma pria dan meningkatkan risiko kanker payudara pada wanita. Untuk mengurangi risiko tersebut, ada baiknya ponsel disimpan di tas kecil atau di genggam. Jangan menaruh dalam kantong baju atau celana.
  4. Biasakan menggunakan perangkat yang tidak langsung ke ponsel seperti hands free atau bluetooth. Cara ini menjauhkan pemancar sinyal dari otak di kepala.
  5. Batasi waktu penggunaan hp,jangan terus-menerus berada dekat dengan kita. jika kita tidur matikan saja hp dan nyalakan telepon rumah kabel biasa.
  6. Menggunakan casing antiradiasi. Berbagai produk untuk mengurangi radiasi ponsel banyak ditawarkan di pasaran, mulai dari stiker antiradiasi hingga casing khusus untuk ponsel cerdas yang radiasinya cukup tinggi. Sebuah pengujian independen yang dilakukan majalah Wired menunjukkan, beberapa merek casing antiradiasi mampu mengurangi radiasi hingga 66,7 persen.


semoga bermanfaat bagi pembaca
0 Responses

Posting Komentar